Estimasi Biaya Servis Di Bengkel Motor Yamaha Resmi

Ada gratis servis pertama di bengkel motor Yamaha untuk semua pembelian motor di Dealer. Bahkan tidak hanya satu kali saja. Umumnya Anda akan mendapatkan empat kali service gratis sesuai dengan jarak tempuh, yakni sekitar KM 500, 2.000, 4.000, dan 8.000.

Namun di servis berikutnya akan dikenakan biaya, termasuk ganti oli dan pergantian spare part. Pertanyaannya kemudian adalah apa saja yang harus dicek pada saat pergi ke bengkel dan dealer Yamaha? Dan kira-kira berapa estimasi biayanya?

Service Tune Up Rutin di Bengkel Motor Yamaha

tune up

Perawatan pertama yang harus dilakukan secara rutin adalah service tune up. Kenapa demikian? Pasalnya kondisi motor yang baik tidak selalu dalam keadaan baik.

Dalam hal ini ada beberapa cakupan yang meliputi service ini. Mulai dari mengecek dan membersihkan injeksi, kaburator, radiator, mengecek alat ECU dan kelistrikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, untuk biaya service tune up di Dealer Yamaha Jakarta umumnya sekitar Rp. 65.000 sampai dengan Rp. 100.000 untuk jenis motor bebek dan matic. Sementara itu untuk jenis motor sport Yamaha biayanya sekitar Rp. 75.000 sampai dengan 220.000.

Meskipin demikian, disarankan untuk tetap membawa uang lebih pada saat service motor. Sebab tidak menutup kemungkinan ada kerusakan sparepart yang sudah pasti akan memerlukan biaya tambahan.

Ganti Oli

Ganti Oli

Setelah melakukan service tune up, jangan lupa untuk sekaligus mengganti oli mesin. Ini wajib dilakukan secara rutin agara mesin motor Yamaha selalu dalam performa baik.

Hal ini dikarenakan oli sendiri memiliki fungsi sebagai pelumas dan melindungi mesin agar tidak berkarat. Hal paling mendasar yang harus selalu diingat adalah jenis oli yang digunakan harus sesuai dengan jenis motor.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik bengkel Yamaha Motor mengenai jenis oli yang tepat untuk motor Yamaha Anda. Sementara itu untuk biaya ganti oli umumnya Rp. 45 ribu sampai Rp. 150 ribu per liter. Sebab semua itu tergantung dari merek oli dan varian atau tipe motor Yamaha itu sendiri.

Kampas Rem

Kampas Rem

Rem bisa dikatakan sebagai salah satu sparepart yang penting untuk selalu dipantau setiap bulannya. Karena menyangkut keselamatan saat berkendara.

Biasanya mekanik dari bengkel motor Yamaha akan memberitahukan apakah kampas rem perlu diganti ataukah tidak. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk ditanyakan terlebih dahulu.

Untuk kampas rem motor Yamaha, umumnya ada dua jenis dengan harga yang berbeda. Untuk kampas rem cakram umumnya dibandrol dikisaran harga Rp. 45 ribu hingga Rp 62 ribu.

Sedangkan kampas rem tromol umumnya harganya sekitar Rp 35 ribu sampai dengan Rp 52 ribu. Harga tadi sudah termasuk biaya jasa pemasangan.

Spare Part Lainnya

Spare Part

Yang terakhir adalah biaya service dari beberapa spare part yang usianya tidak bisa bertahan lama serta tidak bisa diprediksi secara pasti. Sebab kondisinya sangat tergantung dari penggunaan. Oleh sebab itu penting untuk dicek secara rutin.

Contohnya saja seperti spare part pada motor metic, yakni Roller. Untuk harganya sendiri rata-rata di bengkel resmi Yamaha termasuk di Dealer Yamaha Bekasi berkisar antara Rp. 20 ribu sampai dengan Rp. 25 ribu. Atau V belt yang harganya sekitar Rp. 75 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.

Itulah informasi singkat terkait dengan apa yang harus dilakukan pada saat berada di bengkel Yamaha. Sementara itu bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi terkait dengan berbagai perawatan motor yang harus dilakukan di bengkel motor Yamaha bisa dilihat di https://dealeryamaha.co.id/yamaha-motor/.